Sunday, June 7, 2015

Cara Praktis Membuat Kue Serabi Istimewa Dalam Waktu Singkat

Siapa yang tidak mengenal nama besar kue serabi. Sebagai salah satu jajanan yang rasanya lezat, tentu saja banyak orang yang berkeinginan untuk mencoba membuatnya sendiri dirumah. Seperti kita ketahui, memang kita akan dengan mudah membelinya, namun sensasi dari hasil karya tangan sendiri tentu jauh berbeda. Bagaimana cara paling mudah untuk membuatnya? simak selengkapnya!

Beberapa bahan utama dalam pembuatan kue serabi sepertinya tidaklah sulit untuk didapatkan. Anda bisa dengan mudah membeli berbagai bahannya dan kemudian bersiap untuk mengolahnya menjadi sajian makanan khas untuk keluarga anda.

Contohnya saja tepung terigu, ini merupakan salah satu dari sekian bahan utamanya. Tentu anda tidak akan merasa kesulitan memperolehnya. Kemudian ada juga telur, santan dan lain sebagainya yang pasti tidaklah repot mendapatkanya. Baiklah, untuk mempersingkat waktu, langsung saja kita bahas mulai dari bahan dan proses pengolahannya.

kue serabi

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue serabi

1. tepung terigu; 500 gram
2. air daun suji-pandan; 50 ml
3. santan; 1250 ml
4. garam; 1 sendok teh
5. baking powder; 1 sendok teh
6. telur; 3 butir ( dikocok sebentar )

Bahan untuk saus :

1. daun pandan; 4 helai; dipotong-potong
2. kayu manis; 6 cm
3. cengkih; 2 butir
4. gula pasir; 1 sendok makan
5. garam; 1/2 sendok teh
6. gula merah; 200 gram; disisir
7. santan; 750 ml

Tahapan membuat kue serabi

1. Siapkan sebuah wadah dan masukkan baking powder, tepung dan garam lalu diaduk rata.
2. Setelah itu masukkan 400 ml santan dan telur kocok kedalam campuran dalam wadah di langkah sebelumnya tadi dan aduklah sampai rata.
3. Setelah langkah diatas beres, lanjutkan dengan menepuk-nepuk adonan dengan telapak tangan sampai adonan jadi terasa ringan dan licin, kurang lebih 20 menit.
4. Jika langkah diatas sudah selesai dan adonan sudah licin dan ringan, segera masukkan sisa santan dengan cara dituangkan sedikit demi sedikit sembari diaduk sampai merata.
5. Berikutnya, masukkanlah air daun suji-pandan kedalam adonan dan diaduk sampai rata. Untuk proses pengadukannya, anda dapat menggunakan sendok kayu, dengan tujuan agar udara dapat masuk kedalam adonan.
6. Jika proses nomor 5 diatas sudah oke, kemudian diamkan adonan selama kurang lebih 2 jam.
7. Setelah proses menunggu selama 2 jam tercapai, langkah selanjutnya adalah dengan mempersiapkan wajan kecil yang memiliki dasar yang tebal. Opsi lainnya anda juga dapat menggunakan wajan tanah liat sebagai ganti dari wajan dengan dasar tebal. Jika sudah siap, maka segera panaskan diatas api dengan ukuran sedang dan olesilah dengan minyak goreng.
8. Tuangkanlah adonan putih kedalam wajan tadi, dengan takaran 1 sendok sayur atau kurang lebih sekitar 75 ml.
9. Masaklah sampai adonan terlihat berlubang-lubang mulai dari bagian pinggirnya dan tunggulah sampai lubang terlihat cukup banyak kemudian tutuplah wajannya dan masak sampai serabi matang.
10. Jika sudah matang, segera saja adonan dicongkel dari wajan.
11. Silahkan lakukan tahapan cara diatas hingga adonan habis.

Tahap-tahap pembuatan saus kue serabi 

1. Langkah awal, masukkanlah semua bahan saus kedalam sebuah panci dan dimasak memakai api ukuran sedang.
2. Timba-timba santan sampai mendidih dengan tujuan agar santan tidak pecah.
3. Dimasak terus sampai gula benar-benar larut dan bau harumnya mulai keluar. Jika sudah, segera angkat.
4. Saus sudah siap untuk dijadikan pelengkap kue serabinya.

Bagaimana pendapat anda, sangat mudah bukan? Menikmati kelezatan kue serabi pada saat bersantai bersama keluarga akan sangat istimewa rasanya. Apakah anda ingin mencoba juga membuat 2 buah resep yang juga tidak kalah nikmatnya berikut ini? Penasaran? segera lihat dan praktekkan; resep kue bolu gulung dan kue pukis. Semoga bermanfaat untuk anda, selamat mencoba dan sukses selalu untuk anda!

An ordinary girl yang suka masak dan seneng berbagi resep masakan dan makanan enak


EmoticonEmoticon