Saturday, January 12, 2019

Resep Udang Bakar Madu Pedas Enak Praktis

Hari ini makan apa ya enaknya, lauknya kira-kira mau masak apa ya yang cocok? Terkadang pertanyaan tersebut muncul begitu saja dalam benak kita. Tapi sebenarnya banyak sih kalau cuma mau coba resep masakan enak buat variasi biar nggak bosen. Ini ada lho resep seafood yang nampol banget, dicoba saja kalau sekiranya suka yaitu resep udang bakar madu.

Walau memang dagingnya tidak sebanyak daging ayam, tapi cita rasa daging udang memang maknyus banget dan kaya protein yang bagus buat tubuh. Jadi, saya rasa tidak akan rugi jika anda mencoba mempraktekkan resep udang bakar madu. Enak banget lho dan sangat cocok untuk semua usia, mulai dari anak-anak sampai orang tua pasti suka masakan udang yang satu ini.

Resep Udang Bakar Madu


Jika anda juga suka cumi, saya dulu juga pernah memberikan beberapa resep mantep dari bahan cumi lho. Salah satunya yaitu resep cumi pedas cabe hijau yang sangat lezat dan cocok banget bagi yang hobi nenyantap masakan dan makanan bercita rasa pedas.

Kali ini saya mau share resep udang bakar madu untuk melengkapi koleksi resep seafood anda. Makin banyak resep seafood yang anda kuasai, maka kalau pas bosen tinggal ganti-ganti menu saja sesuka hati. Nah, daripada makin penasaran, yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Bahan-bahan resep udang bakar madu
  • 250 gram udang
  • 1 buah jeruk nipis
  • 2 sdm madu
  • Gula secukupnya
  • Garam secukupnya
  • 1 siung bawang putih. Diiris halus dan tumis
  • 2 sdm margarin
  • 1 sdm saus tomat
  • 1 sdm saus sambal
  • 1 sdm kecap manis

Cara membuat udang bakar madu enak pedas

  1. Langkah pertama, silahkan dicuci dulu udangnya dan dibuang ya kulit dan kepalanya
  2. Siramkan air perasan jeruk nipis keatas udang dan diamkan saja kurang lebih 5 menit
  3. Lelehkan margarin kemudian campur garam, gula, madu, kecap, saus sambal, saus tomat dan bawang putih goreng
  4. Saatnya merendam udang kedalam bumbu. Caranya udangnya ditusuk dulu pakai tusuk sate baru kemudian direndam kedalam bumbu
  5. Diamkan udang dalam bumbu agar bumbu meresap sempurna
  6. Saatnya membakar udang. Bakar udang dan oleskan sisa saus
  7. Kalau sudah matang udang bakar madu siap disantap

Bagaimana pendapat anda mengenai resep udang bakar madu diatas? Tidaklah rumit bukan? Hanya berbahan dasar sederhana dengan bumbu yang simpel serta proses pemasakan yang super kilat cepat maka anda juga pasti langsung bisa membuatnya sendiri sekarang. Jangan lupa di share ya!

Friday, January 11, 2019

Resep Bakso Ikan Tenggiri dan Kuahnya yang Enak

Makan bakso yang enak hasil bikinan sendiri tentulah menjadi kesenangan tersendiri. Apalagi kalau makannya pas cuaca hujan dingin, wah enaknya keterlaluan. Disaat perut kosong keroncongan ingin makan biar kenyang, sekaligus menghangatkan, bisa dicoba nih resep bakso ikan tenggiri dan kuahnya yang enak. Penasaran?

Bakso ikan tenggiri memang memiliki keunikan tersendiri dibanding bakso daging sapi yang banyak dijual. Tentu saja cita rasanya tidak kalah enak dengan bakso daging sapi. Dengan bumbu yang pas, maka komplit sudah kuliner lezat bakso dengan menerapkan resep bakso ikan tenggiri dan kuahnya yang enak.

Resep Bakso Ikan Tenggiri dan Kuahnya yang Enak


Sebelumnya, saya juga sudah pernah membagikan sebuah resep bakso yang sangat nikmat, silahkan anda lihat dan baca resep bakso jamur udang. Dengan bahan yang merupakan perpaduan jamur dan udang, tentu saja hasil akhirnya berupa bakso yang sangat enak dan dijamin keluarga anda akan menyukainya.

Kali ini, dipostingan ini saya akan memberikan resep lengkap bagaimana cara membuat bakso ikan tenggiri. Yuk, langsung saja simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Bahan-bahan
  • 400 gram tepung kanji
  • 250 gram ikan tenggiri
  • Garam secukupnya
  • Lada bubuk secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya
  • 3 siung bawang putih
  • Air

Cara membuat bakso ikan tenggiri

  1. Pertama silahkan cuci dulu ikan tenggiri sampai bersih dan dibuang durinya
  2. Jika sudah bersih, haluskan ikan sampai menjadi halus
  3. Haluskan bawang putih dan garam kemudian campurkan dengan ikan yang sudah dihaluskan tadi
  4. Tambahkan tepung kanji sedikit demi sedikit sambil diuleni
  5. Tambahkan air, penyedap rasa dan lada bubuk
  6. Uleni adonan sampai kalis dan mudah dibentuk
  7. Bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan bakso
  8. Siapkan panci lalu didihkan air sampai mendidih
  9. Masukkan bulatan bakso kedalam air mendidih tersebut
  10. Masak sampai bakso mengapung yang mendandakan bakso sudah matang
  11. Angkat bakso dan sajikan bersama dengan kuah kaldu dan bahan pelengkap

Nah, ternyata sangat mudah bukan resep bakso ikan tenggiri dan kuahnya yang enak? Anda juga pasti bisa membuatnya sendiri dirumah. Sajikan untuk hidangan lezat bagi keluarga anda. Selamat mencoba dan jangan lupa di share ya!

Monday, January 7, 2019

Resep Bakwan Jagung Renyah

Camilan gorengan berupa bakwan jagung renyah bisa menjadi pilihan enak dikala sedang bersantai bersama keluarga dirumah menikmati segelas kopi atau teh sambil menonton tv atau sekedar ngobrol santai. Memang, di Indonesia, gorengan cukup populer karena keanekaragaman bahan yang dapat digunakan. Misalnya saja tempe dan tahu yang juga sangat sering disulap menjadi tempe goreng, mendoan, tahu bakso, tahu isi, tahu gejrot, tahu pong mercon dan lain sebagainya. Bagaimanapun juga, mempelajari, mencoba dan praktek resep bakwan jagung renyah sangat bermanfaat karena memang bisa memperkaya ketrampilan anda dalam memasak dan membuat makanan, khususnya camilan dan gorengan enak dan praktis.

Dengan cita rasa gurih enak dan renyah, dipadukan dengan sensasi krenyes dari jagung, membuat resep bakwan jagung renyah banyak dicari oleh para pecinta kuliner gorengan untuk mempermudah dalam proses uji coba membuatnya sendiri dirumah. Disaat sedang lapar atau pas ingin ngemil sesuatu, bakwan jagung renyah bisa anda jadikan pilihan yang begitu istimewa. Dijamin, anda tidak akan kecewa dengan cita rasa lezat bakwan jagung.



Penggunaan jagung manis memberikan sensasi berbeda daripada bakwan sayur pada umumnya. Untuk membuat resep bakwan jagung renyah ini memang memerlukan perpaduan 3 jenis tepung yang pada akhirnya akan menjadikan kuliner camilan ini begitu lezat bersinergi dengan rasa gurih dari bahan-bahan bumbu yang digunakan yang cita rasanya begitu lezat di setiap gigitannya. Jadi, untuk anda yang sekarang sangat penasaran dengan bakwan jagung yang sangat renyah, yuk intip resep lengkapnya berikut ini!

Bahan-bahan
  • 3 sdm tepung terigu
  • 3 sdm tepung maizena
  • 2 batang bawang daun. Dirajang halus
  • 2 buah jagung manis. Diserut
  • 7 sdm tepung beras
  • 1 butir telur ayam
  • Air secukupnya
  • Minyak goreng
Bumbu halus
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdm ketumbar sangrai
  • 5 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • Kaldu bubuk secukupnya

Cara membuat bakwan jagung renyah enak

  1. Langkah pertama, siapkan sebuah wadah lalu campurlah semua bahan ini, bumbu halus, daun bawang, telur dan jagung
  2. Masukkan semua bahan tepung kedalam wadah bersama dengan adonan di langkah pertama
  3. Tambahkan air sedikit demi sedikit sampai adonan menjadi kental dan mudah untuk dibentuk
  4. Panaskanah minyak goreng dan gorenglah 1 sdm adonan sampai matang dan renyah. Lakukan sampai adonan bakwan jagung habis
  5. Bakwan jagung renyah siap disajikan

Begitu mudahnya resep bakwan jagung renyah. Anda bisa mencobanya sekarang juga sebagai menu hidangan sedap camilan sehat untuk keluarga anda dirumah. Jika anda menyukai resep ini, jangan lupa di share ya!

Sunday, January 6, 2019

Resep Siomay Ikan Sederhana Paling Enak

Siomay memang sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari aneka jajanan dan camilan di Indonesia. Terbukti dengan banyaknya para penjual siomay keliling. Para penggemarnya pun tidak tanggung-tanggung, banyak dan ada dimana-mana. Mulai dari anak-anak, remaja, dewasa bahkan sampai orang tua. Nah, untuk anda yang kebetulan suka sama camilan yang satu ini, bagaimana kalau mencoba resep siomay ikan sederhana saja? enak banget lho!

Nah, untuk anda yang begitu gemar menyantap siomay, dan kebetulan ada stok ikan nganggur di kulkas, kayaknya sangat pas nih jika anda iseng mencoba mempraktekkan resep siomay ikan sederhana. Dengan bahan yang cukup mudah didapat dan proses pembuatan yang juga sangat simpel, saya yakin anda pun pasti langsung bisa membuatnya dirumah.

resep siomay ikan sederhana


Kalau bicara camilan, memang ada banyak macamnya ya! Dulu saya juga pernah memberikan salah satu resep camilan yang enaknya kebangetan, yaitu resep keripik bayam pedas yang sangat sederhana tapi cita rasanya nampol banget! Kalau ngomongin makanan memang tak akan ada habisnya ya hehe!

Baiklah, untuk anda yang sekarang ingin menikmati camilan ringan tapi enak, dan kebetulan sedang ada waktu luang dirumah, silahkan saja mencoba resep siomay ikan sederhana yang saya bagikan di postingan ini. Ini dia ulasan resep selengkapnya!


Bahan-bahan
  • 350 gr ikan
  • 2 siung bawang putih
  • 1 buah wortel. Dicincang
  • 1 sdt garam
  • 2 batang daun bawang
  • 3 sdm tepung kanji
  • 2 butir telur
  • Gula secukupnya

Cara membuat siomay ikan sederhana enak

  1. Langkah pertama haluskan dulu ikannya
  2. Haluskan bawang putih dan merica bubuk
  3. Campurkan dengan semua bahan sampai menjadi adonan. Jika masih terlalu padat, silahkan tambahkan air
  4. Cek rasanya sudah pas apa belum
  5. Bentuklah adonan kemudian bungkus menggunakan kulit siomay
  6. Kukus siomay kurang lebih 20 menit sampai matang
  7. Siomay ikan sederhana siap disajikan

Itulah resep siomay ikan sederhana yang bisa anda buat sendiri dirumah. Kapan saja anda pingin, ya langsung saja dibuat karena sangat mudah dan cepat dalam proses pembuatannya. Tidak perlu waktu lama anda sudah bisa mencicipi jananan enak bergizi. Keluarga anda juga pasti akan menyukai camilan yang satu ini. Jika anda merasa suka dengan resep ini, jangan lupa di share ya biar teman2 anda juga bisa mencobanya!

Resep Donat Ketan Korea

Sepertinya sudah tidak perlu diragukan lagi bahwa makanan camilan bernama donat memang sudah begitu melegenda dan mendarah daging di kalangan masyarakat dunia, khususnya Indonesia. Betapa tidak, kue lezat ini sudah banyak dijual dimana-mana, mulai dari kantin sekolah sampai warung dan restaurant elit banyak yang menyediakan kue yang bagian tengahnya bolong ini. Namun, sudahkah anda mengetahui dan mencicipi kedahsyatan cita rasa dari resep donat ketan korea? donat dari korea ini tengahnya tidak bolong lho, tapi berbentuk bulat utuh.

resep donat ketan korea


Saya kira, mungkin masih ada yang belum pernah mencoba resep donat ketan korea. Pasalnya, ini adalah salah satu camilan yang berasal dari korea. Jika yang menyukai drama korea mungkin sudah pernah melihat ya, tapi mungkin belum tentu pernah merasakan hehe. Wajar sih, tapi jangan khawatir, kini anda bisa membuatnya sendiri dirumah kok. Ini dia resepnya!


Bahan-bahan
  • 30 gr tepung terigu
  • 200 gr tepung ketan
  • 200 ml air
  • Gula putih halus sebagai topping atau gula pasir sebagai taburan
  • 1/2 sdt garam
  • 3 sdm gula pasir
  • 1 sdt baking powder

Cara membuat donat ketan korea

  1. Langkah pertama yaitu silahkan campur semua bahan tepung, garam, baking powder dan gula. Aduk sampai merata
  2. Tuangkan air sedikit demi sedikit kedalam wadah sambil mengaduk adonan sampai menjadi kalis
  3. Buatlah adonan menjadi bulatan-bulatan lalu diamkan
  4. Panaskan minyak kemudian gorenglah donat menggunakan api ukurang sedang. Goreng sampai warnanya berubah jadi kuning kecoklatan dan matang
  5. Angkat dan tiriskan
  6. Taburi dengan gula halus atau gulung dalam gula pasir
  7. Siap untuk disajikan

Bagaimana,sangat gampang kan resep donat ketan korea nya? Silahkan dicoba semoga berhasil dan enak sempurna. Jika sudah jadi anda pun sudah bisa mencicipi kelezatan kue donat asal korea ini dirumah sambil minum teh atau kopi dikala santai bersama keluarga dan teman. Jika suka resep ini, mohon di share ya!

Saturday, January 5, 2019

Resep Keripik Bayam Pedas

Cemilan memang sangat disukai oleh banyak orang. Mulai dari yang mahal sampai yang murah, semua komplit tinggal pilih dan disesuaikan dengan kantong. Nah, lebih maknyus dan irit lagi bila bisa membuat cemilan sendiri dirumah. Selain lebih irit, juga lebih terjamin keamanannya karena bahan-bahannya belanja sendiri dan dibuat sendiri jadi tahu persis kualitas cemilan yang dimakan. Oke, kali ini saya mau share resep keripik bayam pedas yang sangat enak dan cocok untuk dijadikan teman ngeteh maupun ngopi dikala sedang santai.

resep keripik bayam pedas


Bayam bisa dimasak menjadi banyak menu masakan sayur. Bisa direbus, ditumis, dibuat keripik juga bisa. Buktinya ini ada resep keripik bayam pedas yang sangat kriuk enak gurih. Anda pun juga pasti penasaran kan? Makanya, jangan ragu lagi jika ingin mencoba cemilan lezat yang satu ini. Pastinya, jika bisa buat sendiri, ngapain beli? Betul nggak?

Nah, dari sekian banyak jenis cemilan enak, kira-kira gimana ya rasa dari bayam yang dijadikan keripik? Kriuk sih so pasti lah, karena namanya juga keripik, pasti ada sensasi kriuk di setiap gigitannya. Jelasnya sih pasti lebih menyehatkan ya, karena bahan dasarnya saja dari sayuran hijau. Yuk, bagi anda yang sangat ingin mencoba resep keripik bayam pedas, ini dia resepnya silahkan disimak baik-baik ya dan dipraktekkan pelan-pelan sesuai tahap demi tahap pembuatannya!

Bahan-bahan
  • Bayam secukupnya
  • 1 bungkus tepung serba guna
  • Gula secukupnya
  • Tepung maizena
  • Bubuk cabe secukupnya sesuai selera

Cara membuat keripik bayam pedas renyah gurih enak

  1. Pertama cuci dulu bayamnya sampai bersih menggunakan air bersih
  2. Campur bubuk cabe, tepung serbaguna dan gula. Tambahkanlah air sampai menjadi cair
  3. Tambahkan tepung maizena dengan perbandingan 5 sendok tepung serbaguna dengan 1 sendok tepung maizena
  4. Masukkan bayam lalu aduk sampai merata
  5. Goreng bayam sampai kering dan matang
  6. Angkat, tiriskan dan siap untuk disantap

Wah mudah banget ya! Makanya jangan ragu lagi segera dicoba resep keripik bayam pedas yang kriuk renyah enak banget ini. Ujicoba sendiri dikala waktu senggang daripada bengong nggak jelas mendingan praktek resep ini kan lumayan bisa tambah pinter dan tentu saja jadi ada cemilan lezat. Jika suka resep ini share ya!

Resep Tahu Pong Mercon Cemilan Enak Sederhana Praktis

Bagi anda yang suka masakan enak dan cemilan mantap, mungkin anda tidak akan menolak resep tahu pong mercon yang begitu lezat cocok disantap dikala cuaca dingin atau hujan. Perut kosong, ingin ngemil, nah ini nih yang mungkin sangat pas untuk anda buat dan santap, tahu pong mercon. Kali ini saya akan membagikan resepnya buat anda.

Mungkin anda ingin tahu apa itu tahu pong. Tahu pong adalah tahu goreng yang di dalamnya berongga, berbentuk segi empat. Dengan cita rasa yang lezat, santapan nikmat sedap ini bisa menemani hari gembira keluarga anda.

resep tahu pong mercon


Dulu juga pernah saya berikan resep tahu yang tak kalah enak, yaitu resep rolade tahu bayam. Tak kalah dengan tahu pong mercon, rolade tahu bayam juga sangat rekomended untuk anda suguhkan sebagai menu cemilan maupun dipakai sebagai pelengkap saat makan. Jadi, jika berminat, anda juga bisa mempraktekkan resep tersebut.

Bagi anda yang sangat ingin tahu bagaimana resep tahu pong mercon yang paling enak, jangan khawatir karena saya akan memberikan resep komplitnya kepada anda sekarang juga, ini dia!

Bahan-bahan resep tahu pong mercon
  • 10 buah tahu
  • 1 buah wortel diiris korek api
  • 1/4 sendok teh merica
  • 1/2 sendok teh gula
  • 1/2 sendok teh kaldu bubuk rasa ayam
  • Garam secukupnya
  • 8 cabai rawit merah. Diiris halus. Kalau mau lebih pedes bisa ditambah lagi cabainya sesuai selera
  • 1 batang daun bawang. Diiris halus
  • 50 gram udang kupas. Dicincang kasar
  • 50 gram jamur putih. Direbus sebentar lalu diiris halus
  • 50 gram taoge
  • 2 siung bawang putih. Dihaluskan
  • 2 butir bawang merah. Dihaluskan

Bahan adonan pencelup
  • 1 cm kunyit
  • 1/4 sendok teh ketumbar
  • 1 siung bawang putih
  • Garam secukupnya

Cara membuat tahu pong mercon

  1. Campurkan semua bahan pencelup kemudian disisihkan
  2. Tumislah bawang putih dan bawang merah sampai baunya harum
  3. Masukkan udang, aduk-aduk dan sampai udangnya berubah warna
  4. Masukkan jamur kuping dan wortel dan aduk-aduk sampai layu
  5. Tuangkan air sedikit
  6. Masukkan bahan-bahan bumbu lainnya, daun bawang dan taoge
  7. Cek rasanya sudah pas apa belum
  8. Masukkan tumisan kedalam tahu pong yang sudah dilubangi di salah satu sisinya
  9. Celupkan ke adonan pecelup
  10. Goreng sampai tahu matang dan bagian luarnay renyah
  11. Tahu pong mercon siap disajikan

Silahkan dicoba ya resep tahu pong mercon nya! Enak banget lho dan pasti tidak akan mengecewakan. Dijadikan menu ngemil pas nonton tv santai bareng keluarga sangat cocok. Jika anda suka resep ini tolong di share ya biar teman2 anda juga tahu dan bisa mencoba.